Ciri Lovebird Siap Lomba

5 Ciri Lovebird Siap Lomba

Lovebird Siap Lomba

Saat ini pencinta lovebird atau yang lebih dikenal lovebirdlovers sudah tidak terhitung lagi jumlahnya entah itu komutias atau single fighter. Dari tahun ke tahun, burung paruh bengkok ini semakin banyak diminati karena memiliki beberapa kelebihan yang diantaranya keindahan warna bulunya dan juga suara kekekan khasnya, dan ada juga lovebirdlovers yang suka lovebird berawal dari iseng saja. Yang pasti, burung cinta ini banyak disukai oleh kicaumania nusantara.

Ciri-ciri lovebird yang siap dilombakan, tentu saja modalnya bukan hanya soal suara, atau sudah gacor atau belum. Namun ada hal penting lain yang harus anda perhatikan sebelum lovebird ikut lomba. Anda pasti bertanya. Mengapa demikian? Ok, jawabnya adalah karena lovebird memiliki tingkat birahi yang tidak stabil. Dan jika anda tetap memaksakan lovebird yang dalam kondisi belum siap untuk ikut lomba, maka lovebird tersebut akan sangat sulit mengeluarkan potensi-potensi yang ada pada lovebird tersebut. Dengan begitu lovebird milik Anda sangat sulit untuk menjadi yang terbaik dan meraih juara di arena lomba.

Bahkan hanya itu saja dampak jika kita memaksakannya untuk ikut lomba, terkadang penampilan di lapangan pun bisa sangat mengecewakan dan efek fatalnya lovebird bisa stress. Untuk itu kita harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melombakannya dan bagaimana memahami ciri-ciri lovebird yang siap lomba. Tips-tips yang akan diberikan ini berdasarkan pengalaman dan pengakuan para lovebirdlovers master yang sukses menjadikan lovebird jagoannya sebagai jawara.
Lovebird siap dilombakan memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa anda amati poda lovebird milik Anda, apakah sudah siap lomba atau belum. Berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda.

  1. Usia lovebird.

Masalah  usia, lovebird memang bisa ikut lomba meskipun usianya baru 3 atau 4 bulan. Tetapi sebenarnya lovebird berusia muda belum ideal untuk diikut lomba. Alangkah baiknya lovebird yang diikutkan lomba sudah berumur 6 bulan ke atas karena lovebird diusia ini sudah stabil secara fisik dan mentalnya.

  1. Kondisi kesehatan.

Lovebird bisa dikatakan siap dilombakan jika sedang dalam kondisi fit. Lovebird yang sehat akan top perform di lapangan. Jangan sampai memaksa lovebird untuk dilombakan jika sedang molting atau mabung.
Lovebird Sakit ( Snot )

  1. Kondisi birahi.

Lovebird yang baik untuk lomba adalah lovebird dengan tingkat birahinya yang stabil. Artinya, jika lovebird yang sedang tidak stabil atau over birahi maka penampilannya akan mengecewakan. Meskipun over birahi lovebird akan tetap ngekek, tetapi akan mengurangi penilaian juri terhadap lovebird yang dilombakan dalam kondisi seperti ini.

  1. Rajin bunyi.

Lovebird yang siap lomba bisa juga diamati dari intesnsitas ngekeknya, jika rajin ngekek. Entah ngekek dengan durasi panjang atau pendek sambil berdiri di atas tangkringan/tenggeran. Atau bisa juga kita amati dari gesture tubuh dan gerakan sayapnya. Kalau burung mengepakkan sayap dengan ujung sayap menyilang, berarti lovebird milik Anda sudah siap lomba.

  1. Lovebird latah.

Latah disini maksudnya adalah lovebird mudah terpancing oleh lingkungan di sekitarnya,. Biasanya lovebird yang siap lomba akan langsung menyahut atau membalas kekekan jika mendengar burung lovebird lain yang sedang ngekek. Biasanya lovebird yang kondisi mentalnya bagus sering melakukan balasan kekekan dengan membusungkan dada jika mendengar tepuk tangan atau kekekan burung lovebird lain.


Itulah beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum mengikutsertakan lomba lovebird kesayangan anda. Jika lovebird kesayangan Anda sudah memenuhi kriteria di atas, Silahkan saja ikut lomba. 

Baca Juga Karakter Burtung Lovebird


Baca Juga Menambah Durasi Lovebird

0 Response to "Ciri Lovebird Siap Lomba"

Post a Comment