Selamat Hari Ibu

Hari Ibu

Hari Ibu

Selamat Hari Ibu

Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.
Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya. Di Indonesia hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.
Para ibu yang berperan membentuk dan mendukung orang hebat itu semua juga pembangun bangsa yang perlu diapresiasi. Untuk itulah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI mengajak perempuan dan masyarakat Indonesia untuk merayakan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 2016 dengan tema “Kesetaraan perempuan dan laki-kaki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan”.
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI

Terkait momen Peringatan Hari Ibu (PHI) 2016, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI, Yohana Yembise, mengingatkan, “Hari Ibu adalah sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.”
Seminar dengan tema besar PHI telah diadakan pada 15 Desember dengan menghadirkan para tokoh perempuan dan tokoh masyarakat yang mendukung kesetaraan perempuan dan laki-laki. Di antaranya adalah Deputi Bidang Kesetaraan Gender PP-PA Heru Prasetyo Kasidi, Prof Azyumardi Azra selaku rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, psikolog Ratih Ibrahim, serta mantan Menteri PPPA, Linda Gumelar.
Mantan Menteri PPPA, Linda Gumelar, turut menggarisbawahi pentingnya pendidikan bagi perempuan. Bahkan ia juga menjabarkan bahwa pendidikan bisa menghentikan kekerasan pada anak dan perempuan juga kesenjangan ekonomi.
“Peningkatan kualitas SDM dengan pendidikan yang menanamkan nasionalisme membuat perempuan dan laki-laki bisa hidup berdampingan. Selain itu terkait peran orangtua sebagai teladan bagi anak, kesetaraan bisa membuat pasangan dapat bekerja sama dalam mendidik anak,” ujar Linda.
Tak hanya itu, KPPPA juga mengadakan Fun Walk Ibu Sehat Indonesia Sehat bersama Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) dan Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI). Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengajak para ibu hamil  ikut meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak pada 18 Desember 2016 di Jakarta.
Rangkaian kegiatan ini masih akan dilanjutkan besok, Selasa, 20 Desember 2016, dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. KPPPA juga mengadakan temu nasional “Perempuan Perintis” pada 21 Desember 2016 dan Pemberian Anugerah Parahita Ekapraya di Istana Negara. Semua rangkaian kegiatan ditutup dengan acara puncak PHI 2016 di Serang Banten pada 22 Desember 2016.

0 Response to "Selamat Hari Ibu"

Post a Comment